Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Teman Terhadap Kepribadian Seseorang

 Pengaruh Teman Terhadap Kepribadian Seseorang

Oleh : Julia Wardatul Jannah


Islam merupakan agama yang sempurna, semua hal dari yang terbesar sampai yang terkecil diatur didalamnya, mulai hubungan dengan sang pencipta sampai hubungan antar makhluk hidup, terutama dengan sesama manusia. Islam mengatur semua adab bagi kehidupan seorang muslim. Dalam Islam adab merupakan suatu bagian yang sangat penting.

Kata adab dalam bahasa Arab merupakan bentuk kata benda dari kata kerja adaba yang berarti kesopanan, sopan santun, tata krama, moral, nilai-nilai, yang dianggap baik oleh masyarakat. Abu Isma’il al-Harawi, menyebutkan yang dimaksud dengan adab adalah menjaga batas antara berlebihan dan meremehkan serta mengetahui bahaya pelanggaran. Keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh adab yang dimiliki.

Salah satu yang di ajarkan oleh Islam adalah masalah sikap dalam pergaulan sehari-hari. Kehidupan manusia pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan interaksi sosial sepanjang hidupnya. Interaksi seseorang dalam kehidupan cenderung mempengaruhi tingkah laku dan akhlaknya.

Dalam sebuah hadits Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman, sebagaimana tersebut dalam sabda beliau :

 

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

 

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Pergaulan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Kita harus cerdik dalam memilih teman. Hal ini akan berdampak pada kepribadian sesorang. Dampak buruk akan menimpa seseorang akibat bergaul dengan teman-teman yang jelek, sebaliknya manfaat yang besar akan didapatkan dengan bergaul dengan teman-teman yang baik.

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam bersabda,

 الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2/344, dari Abu Hurairah)

 Allah juga memerintahkan agar selalu berbuat kebaikan dan bersama dengan orang-orang yang baik, sebagaimana tersebut dalam Q.S Al-Baqarah ayat 195 :

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ


Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Manfaat berteman dengan teman yang baik salah satunya kita akan ketularan kebaikan. Dikisahkan Ibnul Jauzi rahimahullah berkata kepada sahabat-sahabatnya yang disertai isak tangis.

إن لم تجدوني في الجنة بينكم فاسألوا عني وقولوا : يا ربنا عبدك فلان كان يذكرنا بك

”Jika kalian tidak menemukan aku di surga, maka tanyakanlah tentang aku kepada Allah. Ucapkan: ’Wahai Rabb kami, hambaMu fulan, dulu dia pernah mengingatkan kami untuk mengingat Engkau.”

Imam syafi'i berkata: "Jika engkau punya teman - yg selalu membantumu dlm rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia jangan pernah kau lepaskannya. Karena mencari teman -baik- itu susah tetapi melepaskanny sangat mudah sekali"

Manfaat yang di peroleh dari teman yang baik tidak hanya di dunia tapi ia akan berlanjut ke akhirat kelak. Semoga Allah mudahkan dan beri taufik untuk kepada kita semua dalam menjalankan ajaran -ajaran Islam serta kita bisa istiqamah.

Post a Comment for "Pengaruh Teman Terhadap Kepribadian Seseorang"