Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukti Kekuasaan Allah dibalik Penciptaan Kupu-Kupu

Tataplah kupu-kupu yang terbang mengitari bunga. Sepasang sayapnya tampak indah berwarna-warni. Di balik keindahan sayapnya inilah tersimpan keajaiban yang mengagumkan.
Bukti Kekuasaan Allah dibalik Penciptaan Kupu-Kupu
Gambar : Pixabay.com

Sayap kupu-kupu sangat unik dibandingkan dengan sayap makhluk hidup lainnya. Sayap Kupu-kupu sebenarnya terdiri dari dari beberapa lapisan berupa selaput tipis yang bening tak berwarna (transparan). Selaput bening ini tak terlihat karena tertutupi oleh sisik-sisik dengan ketebalan berbeda-beda. Fungsi dari sayap kupu-kupu selain digunakan untuk terbang dengan lebih baik, sisik-sisik ini juga memberi warna sayapnya. Setiap bagian dari sisik mungil ini, yang terlihat seperti sirap yang saling bertumpang tindih pada atap, memunculkan warna melalui pigmen (zat warna).

Zat warna atau pigmen yang berbeda akan emunculkan warna yang berbeda. Contohnya Pteridin, zat ini akan memunculkan warna merah muda, putih dan kuning yang seringkali tampak pada kupu-kupu. Melanin juga zat pewarna pada kupu-kupu, zat pewarna jenis ini paling sering dijumpai, zat melanin terdapat pada titik-titik hitam sayap kupu-kupu.

Yang lebih menakjubkan lagi, warna-warni sayap kupu-kupu sebenarnya tidaklah sebagaimana yang terlihat. seperti, sisik-sisik berwarna hijau, padahal sebenarnya adalah campuran antara sisik-sisik berwarna hitam dan kuning. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pigmen dibuat pada sisik-sisik tersebut, dan enzim-enzim yang diperlukan untuk pembuatannya terdapat pada selaput bagian atas dari sisik-sisik itu.

Akan tetapi, bukan hanya pigmen yang memunculkan aneka warna. Susunan dan penataan sisik-sisik pada permukaan sayapnya juga menyebabkan terjadinya berbagai tipuan cahaya, seperti pemantulan, pembiasan, dan akhirnya pembentukan aneka warna dengan keindahan memukau. Salah satu contoh dari kupu-kupu tersebut adalah Kupu-kupu Stilpnotio salicis, yang memiliki sisik-sisik setengah tak-berwarna, yang mengandung gelembung-gelembung. Meski tanpa zat warna (pigmen), cahaya yang mengenai sisik-sisik ini memunculkan penampakan mengkilat bak sutra.

Dibalik keindahan sayap kupu-kupu menunjukkan bahwa tidak mungkin semua makhluk bisa hidup berkembang dengan sendirinya, hanya Yang Maha Kuasa yang bisa menciptakan makhluk sedetil itu. Selain dari warna dan keindahannya yang menakjubkan, dalam proses kelahirannya kupu-kupu juga melewati beberapa fase yang unik, dimulai dari telur, kemudian menetas menjadi ulat, setelah itu menjadi kepompong dan terakhir barulah menjadi kupu-kupu.

Ada ribuan jenis kupu-kupu yang tersebar di berbagai penjuru dunia, di setiap daerah kupu-kupu mempunyai ciri khas masing-masing. Dibalik keindahannya, kupu-kupu ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia dan seluruh ekosistem. Hal ini tidak lain dari dari peran kupu-kupu dalam mempertahankan keanekaragaman hayati dan ekosistem di alam, terutama dalam proses penyerbukan bunga, sehingga tumbuhan dapat tumbuh sebagaimana dengan baik.

Subhanallah

Dari Berbagai Sumber

Post a Comment for "Bukti Kekuasaan Allah dibalik Penciptaan Kupu-Kupu"