Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggapai Indahnya Syurga Ciptaan Allah, Kenikmatan Yang Tiada Tandingannya

Menggapai Indahnya Syurga Ciptaan Allah, Kenikmatan Yang Tiada Tandingannya
Gambar : Ilustrasi

Setiap manusia pasti ingin masuk ke dalam surga. Akan tetapi karena keberadaan surga tidak dapat dilihat oleh mata penduduk dunia, maka sebagian orang akan menganggap remeh sehingga tidak menggunakan kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk memperbanyak amal shaleh guna meraih surga yang telah dijanjikan.

Padahal Rasulullah SAW sudah menggambarkan bagaimana keindahan dan kenikmatan di dalam surga. Hanya dengan sekali celupan di jannah, manusia yang paling menderita hidupnya di dunia lupa akan penderitaannya di dunia. Karena ia melihat kenikmatan yang sempurna di hadapannya. Seperti apakah jannah yang dijanjikan bagi hamba yang shalih? Marilah kita simak kabar yang valid dan tak mungkin dusta. Pengetahuan kita akan ganjaran yang disediakan, akan menumbuhkan semangat untuk beramal shalih.

Apa yang Anda bayangkan ketika seseorang menyebut suatu negeri yang belum pernah Anda lihat? Kita mungkin akan membayangkan tentang keindahan alamnya, bagaimana bentuk bangunan dan kondisi lingkungan yang disana. Para sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang keindahan surga. Rasulullah SAW menjawab :

“Batu bata teruat dari perak dan emas, plesternya dari minyak kesturi yang sangat kuat aroma wewangiannya, kerikilnya dari berlian dan permata dan tanahnya dari za'faran. Barangsiapa yang masuk kedalamnya akan selalau berada dalam kenikmatan dan tidak akan pernah merasa penat, dia akan dikekalkan, tidak akan penah mati, pakaiannya tidak pernah usang , dan masa mudanya tidak akan pernah pudar.” (Hadist Shahih dikeluarkan oleh A Tirmidzi, no. 2526, dan lafadz ini milik beliau Shahih Sunan At Tirmidzi, no. 2050. dan dikeluarkan oleh Ad-Darimi, no.2717).
Menggapai Indahnya Syurga Ciptaan Allah, Kenikmatan Yang Tiada Tandingannya
Gambar : ilustrasi

Terhadap luasnya kemah penghuni surga, Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya seorang mukmin di dalam surga mempunyai sebuah kemah dari satu permata yang melingkar, panjangnya enampuluh mil." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Bandingkanlah dengan rumah kita di dunia, lalu bandingkan pula dengan masing-masing usaha yang sudah kita upayakan untuk mendapat keduanya, niscaya kita merasakan betapa amal kita belum sepadan dengan ganjaran yang dijanjikan di jannah.

Ketika berbicara tentang kenikmatan, umumnya tidak lepas dari makanan dan minuman. Seperti apakah makanan dan minuman di jannah? Yang jelas, semuanya mengundang selera.

“Dan didalamnya terdapat segala yang disenangi hati dan yang sedap dipandang mata. Dan kalian kekal didalamnya." (QS. Az-Zukhruf:71).

“Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al-Waqi'ah:20-21)

Di dunia, fungsi makan untuk menghilangkan lapar, minuman untuk mengusir rasa haus. Tapi, makanan dan minuman di jannah melulu sebagai kenikmatan, bukan karena lapar atau haus. Setiap memakan makanan dan minuman di surga, mereka tidak akan disusahkan dengan kebiasan buang air besar dan air kecil sebagaimana saat di dunia. Nabi bersabda,

"Sesungguhnya ahli jannah mereka akan makan di dalamnya, dan minum di dalamnya, namun tidak meludah, tidak kencing, tidak berak, dan tidak berdahak. "Mereka bertanya, “Bagaimana dengan makanan yang telah mereka makan?" Beliau menjawab, "Keluar beruþa sendawa, dan tetesan seperti tetesan minyak kasturi." (HR. Muslim).

Tentang minumannya, Rasulullah bersabda,

“Air di dalam surga rasanya lebih manis dari madu, dan lebih putih dari salju." (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Bagaimana dengan istri penghuni jannah? Juga kecantikan muslimah ketika di jannah? Nabi bersabda,

"Jika seandainya seorang wanita ahli jannah menampakkan diri kedunia niscaya akan bercahaya ruang antara keduanya dan akan dipenuhi aroma wewangiannya. Sungguh separuh mahkota yang diatas kepalanya itu lebih baik dari dunia seisinya." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Setelah mengetahui keindahan rumah yang sangat mewah di dalam surga dengan pemandangan yang sangat indah, ditambah lagi dengan makanan dan minuman yang sangat nikmat, diberikan istri yang cantik jelita, kemudian kita akan bertanya, apakah penghuni surga akan diberikan kendaraan oleh Allah?

Abdurahman bin Sa'idah bertanya kepada Rasulullah, "Apakah di jannah ada kendaraan?" Beliau menjawab,

“Jika Allah memasukkanmu ke dalam jannah wahai Abdurrahman, niscaya kamu akan diberi kendaraan dari permata, ia memiliki dua sayap yang bisa terbang membawamu kemanapun yang kamu suka." (HR.Thabrani)

Singkat kata, di jannah serba elok dipandang mata, nikmat dirasa dan tak sedikitpun membuat kecewa. Saking lengkapnya nikmat, penduduk jannah melupakan nikmat tertinggi yang dijanjikan oleh Allah, hingga Allah mengingatkan mereka,

“Apabila penduduk jannah telah masuk jannah, Allah berfirman, "Apakah kalian menghendaki tambahan?” Mereka menjawab, “Bukankah Engkau telah putihkan wajah kami? Bukankah Engkau telah masukkan kami kedalam jannah, dan menyelamatkan kami dari naar?” (Rasulullah) bersabda, “Kemudian Dia membuka hijab. Maka, tiada suatu kenikmatan yang diberikan kepada mereka yang lebih mereka cintai dari melihat wajah Allah 'Azza wa Jalla."(HR Muslim).

Allahuma nas'alukal jannah, wa na'udzu bika minan naar.Amien

Sumber : Ar-risalah

Post a Comment for "Menggapai Indahnya Syurga Ciptaan Allah, Kenikmatan Yang Tiada Tandingannya"